Sukses, adalah kata yang bersinonim dengan berhasil. Siapa sih yang gak mau menjadi orang sukses ? Hampir, bahkan semua orang menginginkannya. Menjadi kebanggaan keluarga, masa depan selalu cerah, dihargai serta disegani banyak orang. Untuk mencapai semua itu tentu diperlukan kerja keras dan pengorbanan yang tak sedikit, kita harus mau untuk prihatin guna mendapatkan kebahagiaan yang permanen di masa depan.
Seperti kata pribahasa, “Berakit-rakit kita ke hulu, berenang renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Itulah yang harus kita tanamkan dalam-dalam di hati kita. Bukan seperti lagu yang berbunyi, “Berakit-rakit kita ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit dahulu, senang pun tak datang. Malah mati kemudian”. Haduh, jangan sampai deh kalimat itu yang menjadi semboyan hidup kita, karena hal itu sungguh tidak seharusnya. Jika kita menjadikan kalimat itu menjadi semboyan hidup, maka sudah dapat dipastikan, kita akan menjadi seseorang yang selalu menyerah, pesimis dan tidak ada semangat hidup untuk bergerak maju, karena hal yang kita pikirkan selalu dari sudut pandang negatifnya. It’s not good guys, Come on all, this is 2010, very, really, so embarrass if you haven’t ability. What the world say ??? hha. Sang penyanyi pun hanya menjadikan kalimat itu sekadar lagu isenk belaka, tentunya mereka tidak menjadikannya sebagai panutan hidup, bukan ?. Hhe_^
Intinya, jika kalian ingin menjadi orang sukses, tentunya kalian harus mempunyai kemampuan di bidang tertentu. Akan lebih baik apabila bidang tersebut adalah bidang yang kalian sukai, agar kalian bisa enjoy dan senang hati menjalaninya. Perlu diingat, orang sukses belum tentu orang pintar, tidak sedikit orang pintar dan selalu berprestasi di sekolah yang tidak menjadi orang sukses, malahan ada di antara mereka yang hidupnya “irregular” di masa depan., jadi semua itu tergantung pada diri kita sendiri, tergantung bagaimana kita mengolah, mengasah, dan memanfaatkan kemampuan kita itu. Come on guys, di dunia ini tidak ada yang namanya orang bodoh, yang ada hanyalah orang malas, So don’t pessimist and dont’t given up guys.
Satu hal yang perlu kalian ketahui juga, orang sukses itu belum tentu orang IPA. Sudah banyak kok orang IPS maupun orang Bahasa yang menjadi orang sukses. Yah, semua itu kembali lagi kepada diri kalian sendiri. Tahap penjurusan adalah tahap yang menentukan masa depan kalian. Jadi, jangan menjadikannya sekadar sebagai ajang main-main atau pun seru-seruan aja. Hello, ini demi masa depan kalian juga guys. Jadi, jika kalian menganggapnya hanya sekadar ajang seru-seruan, supaya bisa satu kelas dengan teman akrab, teman organisasi, teman se-gank, sohib, teman yang selalu connect ma kalian, pacar dan lain-lain, haduh... hal itu sangat gak logis, masa kalian mau menghancurkan masa depan kalian sendiri. Saran aku guys, ini hidup kalian, jadi janganlah kalian menghancurkan diri kalian sendiri hanya karena kesenangan semata, kembali lagi dengan peribahasa pada paragraf pertama tadi. Jalanilah sesuai kemampuan kalian, dan buat semua itu terlihat menyenangkan untuk kalian jalani, jika memang kalian tidak senang terlebih tidak menguasai bidang itu, lebih baik pilih bidang yang sesuai dengan kemampuan kalian. Untuk lebih membuat semua ini terlihat mudah, ada beberapa faktor yang aku jabarkan menjadi beberapa point The Method to Be Succsess di bawah ini.

  • Belajar dengan Sungguh-Sungguh
Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa yang ikhlas, bukan karena paksaan, karena jika kalian belajar karena terpaksa, maka tidak akan membuahkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan, alias pas-pasan bahkan lebih buruk dari itu, dan belajar itu jangan waktu ada PR atau ulangan aja. Haduh, sama aja boong guys, It's really imposible. Yupz, gak mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik. Kecuali kalian ngandalin teman yang “Smart”, itu pun kalau dianya mau, atau lebih parah lagi, kalian ngandalin “kerpean” bahkan buku. Come on guys, that is so thoughtless and you lied you're self.

  • Berdoa
Selain belajar dengan sungguh-sungguh, hal terpenting yang harus kalian lakukan adalah berdoa. It's so important guys, don't forget it. Karena walaupun kita belajar sebanyak mungkin, tanpa disertai dengan doa ya sama aja boong. Allah gak bakal ngasih tu yang namanya kemudahan dan kecerdasan

  • Berbakti dengan Orang Tua
Nah, hal terpenting lainnya nih guys, kalian musti, kudu, wajib and harus patuh dengan orang tua, jangan sampai kalian membuat mereka sakit hati. Selain kita dapat pahala, dengan berbakti kepada orang tua, kita akan semakin mudah untuk mencapai yang namanya SUKSES, kan ridho Allah itu adalah ridho orang tua. Jadi kalau orang tua gak ridho, hayyoo mau ngapain lo sob ?. Hha

  • Mengadakan Kegiatan yang Bersifat Menunjang Talent
Orang sukses itu gak mesti “Cupu”, guys. Setahu aku, mayoritas orang yang sukses itu adalah orang-orang yang antara belajar dan bermain itu seimbang. Maksudnya, kalian harus bisa bagi waktu antara untuk bermain, hang out, ekskur, dan hobby lainnya. Misalnya aja, bagi kalian yang suka musik, yah salurin aja tu hobby kalian dengan nge-band, selain kaliannya happy and enjoy, kalian juga bisa memperoleh hasilnya, seperti kalian bisa menghasilkan uang dari hobby kalian itu, kan seru tu sob, kayak aku gitu. Jadi, selain kita bisa mengasah talent kita, kita juga bisa ngasilin uang, lumayan kan buat tambahan jajan. Hhe

  • Don't Pessimist and Don't Given Up
Kalian gak perlu make acara pesimis segala guys, karena merasa gak pintar or apalah itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, di dunia ini gak ada orang yang bodoh adanya orang yang malas, dan di dunia ini gak ada orang yang sempurna, emangnya lagu. Jadi, kalau kalian merasa kurang di suatu bidang, dan kalian gak mampu untuk course, kalian gak perlu minder and maksain bonyok untuk membiayai course yang high quality gitu. Mending pake aja jasa teman kalian yang smart, kan lebih ekonomis tuh. Dan buat kalian-kalian yang dianugerahi “more talent” atau mempunyai kemampuan lebih, yah cerdas gitu deh, yah bagi-bagi ilmu lah dengan yang kurang, jangan sombong-sombong guys, orang pelit itu ilmunya dangkal. Tapi, inget-inget juga bagi ilmunya, jangan waktu ulangan yah. Hhe.

  • Kejujuran
Nah, yang gak kalah penting lagi ni guys, KEJUJURAN. It's very, really, so important. Come on guys, hari gini gak jujur, banyak kale. Eh, salah deng. Maksud aku, hari gini gak jujur, What The World Say ???. 2010 cuy, bentar lagi 2011, tahun berikutnya 2012, eh tahun berikutnya 2013, jiahhh... nag TK juga tau kale ya.
Intinya ni guys, kejujuran itu adalah kunci keberhasilan. Percaya deh, meskipun kalian memperoleh hasil yang gak “perfect”, tapi kalian akan bangga dengan hasil dari kerja keras kalian, dan insyaallah Allah bakal meridhoi usaha kalian, dan jangan takut guys, kalau kalian bakalan diremehin and dimusuhin teman sekampung, gara-gara kalian dibilang sok alim, sok suci or apalah itu dan nilai kalian pas-pasan, udah.. cuek aja lagi, gak usah didengerin, setel music rock aja make hadset dengan volume full. Waduhh.. lebay mode on.


Jadi nie guys, jangan sampai kalau kalian ditanya sama guru, teman atau siapa gitu tentang masa depan kalian, kalian menjawab "Suram, Ahh...Gelap", udah gak zaman guys.
Semoga tips yang telah aku berikan bisa memberikan manfaat bagi kalian semua. Maju Anak Bangsa !!